Monday, January 3, 2011

Cara Mendapatkan Uang dari Blog (Make Money Blogging) [Part 1]


Menghasilkan uang dari aktivitas blogging atau yang lebih dikenal sebagai Make Money Blogging adalah hal yang sederhana, tetapi tidak mudah dilakukan. Semuanya butuh usaha dan investasi yang dilakukan secara sabar, telaten dan sungguh-sungguh. Untuk sampai pada level menghasilkan uang dari blog, ada berbagai hal yang harus disiapkan. Mulai dari menentukan jenis bisnis online yang bisa dijalankan melalui blog, membangun dan mengelola blog itu sendiri, hingga memelihara eksistensi blog tersebut di kancah internet. Bagi yang belum tahu apa itu blog bisa melihat di kategori Tutorial Blog semua telah terangkum lengkap antara lain bagaimana cara membuat blog dan lain-lain pokoknya hal berhungan dengan blogger insya Allah telah saya posting di situ.

Make Money Blogging adalah sebuah profesi alternatif di internet yang sudah terbukti mampu memberikan peluang besar bagi setiap orang untuk hidup secara layak. Isu tentang banyaknya jutawan yang lahir dari aktifitas blogging dan internet marketing kini bukan lagi kisah yang tidak terbukti. Saya sendiri sudah mengalaminya! Saya mulai kerja online mulai bulan Agustus 2009 mengawali dengan kerja Freelance SEO, terus saya mulai mengenal blogging awal Oktober 2009, saya merasakan betapa nikmatnya make money blogging. Selain karena aktifitas ini terbukti memberikan saya penghasilan sampingan di atas rata-rata anak muda kebanyakan (Alhamdulillah), juga karena hal ini seakan sudah menjadi hobby saya.

Mungkin ada yang bertanya, berapa penghasilan bulanan saya? Anda mesti tahu bahwa estimasi penghasilan di dunia blogging sangatlah fluktuatif, sangat bergantung dari dinamika pasar internet. Tetapi setidaknya, saya bisa bilang bahwa secara pasif, saya bisa mendapatkan penghasilan di atas $500 USD/bulan. Jika dikalkulasikan dengan penghasilan dari bisnis online saya lainnya, maka pendapatan bulanan saya bisa mencapai $800 USD. Dua bulan terakhir (November dan Desember) di penghujung 2010 saja saya menghasilkan di atas $1000 USD. Pernahkah anda membayangkan punya penghasilan sebesar itu dengan hanya bekerja dari rumah saja? Bagaimana dengan blogger-blogger pro lainnya yang sudah menghasilkan hingga 6 digit USD per bulannya?

Jika anda melihat pencapaian saya ini adalah sebuah kesuksesan, maka saya mau menekankan bahwa semua itu tidak didapatkan dengan mudah. Saya mesti tertatih dan jatuh-bangun selama sekitar 2 tahun (2006 – 2007) membangun eksistensi saat ini. Mulanya saya belajar ngeblog secara otodidak di freehosting blogspot.com. Hingga kini sebenarnya masih lebih banyak otodidaknya. Dan itulah proses yang saya sangat banggakan! Perjalanan panjang yang menyita bukan saja waktu, tenaga, materi dan juga akademik saya itulah yang kini menjadi modal besar untuk semakin maju, berkembang dan semakin sukses. Sampai di mana nantinya?

Menurut saya, tidak akan pernah ada titik puncak di bisnis blogging dan internet marketing ini. Sepanjang manusia masih membutuhkan internet sebagai bagian dari keniscayaan peradaban modern, maka sepanjang itu pula inovasi dan improvisasi bisnis online juga dilangsungkan. Nah, di manakah posisi anda saat ini?

Seperti yang selama ini saya inginkan, Insya Allah saya akan selalu berbagi dengan semua pihak yang tertarik dan serius ingin mendalami bisnis online ini. Pada postingan ini, saya akan mencantumkan lebih dari 55 cara mendapatkan uang dari blog/make money blogging yang selama ini sudah terbukti dan sebagian besar diantaranya saya ikuti secara serius. Apa saja itu?

Cara Mendapatkan Uang dari Blog (Make Money Blogging)

Seperti pepatah ‘Banyak Jalan Menuju Roma’, begitu pula dengan cara mendapatkan uang dari blog. Secara keseluruhan, program-program yang dapat diikuti untuk menghasilkan uang dari blog dapat kita kelompokkan menjadi beberapa bagian besar, antara lain :

* Pay Per Click (PPC)
* Shopping Networks
* Affiliate Marketing
* Inline Contextual Ads
* Paid Text Links
* Pay Per Post/Paid Review
* Ad Networks
* Pop-Up Ads
* Lain-lain

Nah, di postingan bagian pertama tentang Cara Mendapatkan Uang dari Blog (Make Money Blogging) ini, saya hanya akan mengulas tentang Pay Per Click (PPC) dan Shopping Networks saja. Insya Allah akan saya lanjutkan ke postingan berikutnya hingga benar-benar tuntas. Saya berharap ini bisa membantu kita semua untuk semakin sukses di dunia blogging dan internet marketing.

PAY PER CLICK (PPC)

Program periklanan PPC (Pay Per Click) membayar bila seorang pembaca/pengunjung blog mengklik pada iklan tersebut.

Pembayaran biasanya bervariasi berdasarkan sejumlah faktor, termasuk jenis iklan, nilai kata kunci yang dihasilkan iklan, melalui klik per tayang (CTR/Click Through Rate) untuk blog, dan umur blog. Google AdSense adalah yang paling banyak dikenal dan digunakan sebagai PPC program, tetapi ada pilihan lain.

Google Adsense
Google Adsense adalah program PPC yang paling terkenal dan paling banyak diikuti oleh para blogger saat ini. Banyak blogger yang meraih hingga ribuan dollar dari iklan berbasis klik ini. Cara bergabungnya sangat mudah. Anda hanya perlu memiliki blog berbasis bahasa Inggris dengan topik apa saja, bisa di blog gratisan seperti di blogspot.com atau di blogsome.com. Untuk mendaftarkan blog anda, kunjungi situs Google Adsense Program dan ikuti petunjuk pendaftaran selanjutnya. Jika blog anda sudah diapprove (diterima) oleh Google Adsense, maka tahap selanjutnya adalah memasang kode iklan di blog anda. Jika iklan Adsense sudah tayang di blog anda, maka anda akan dibayar jika ada orang yang mengklik iklan tersebut. Untuk selanjutnya, silahkan anda pelajari bagaimana cara mengoptimalkan pendapatan dari Google Adsense. Cari saja di internet. :)

AdBrite
AdBrite Marketplace adalah alternatif kedua yang bisa anda ikuti sebagai program PPC. Mekanisme kerjanya hampir sama dengan Google Adsense di atas. Pembayaran melalui cek yang akan dikirim ke alamat rumah anda. Nantinya, jika sudah dapat cek, silahkan mempelajari cara mencairkan cek Adbrite di bank yang ada di Indonesia. Klik di sini untuk mendaftar program AdBrite.

Yahoo! Publisher
Yahoo! Publisher juga mirip dengan Google Adsense, tetapi tidak banyak digunakan sebagai iklan PPC. Program Yahoo! Publisher hanya terbuka untuk publisher/blogger di UK dan USA. Mau mendaftar? :)

BidVertiser
BidVertiser adalah alternatif lain untuk Adsense. Tidak seperti Adsense yang membayar kita ketika earning minimal $100 USD, BidVertiser membayar paling minimal $10 USD melalui Paypal. Serupa dengan AdBrite, tidak diharuskan memiliki blog berbahasa Inggris untuk bisa mendaftar di BidVertiser. Mau mendaftar sebagai publisher di BidVertiser?

Clicksor
Clicksor menawarkan berbagai jenis iklan, termasuk teks yang mirip dengan iklan banner Adsense dan InLine iklan teks. Untuk bergabung dengan Clicksor, dibutuhkan blog yang berbahasa Inggris dengan minimal 5000 page views/hari dan bukan di hosting gratisan seperti blogspot.com dan wordpress.com. Jika anda punya blog dengan spesifikasi demikian, maka cobalah daftarkan di Clicksor.

SpeedyAds
SpeedyAds adalah jaringan periklanan PPC milik EntireWeb. Pembayaran melalui Paypal, minimal $50 USD. Blog dengan topik apa saja dan berbahasa apa saja bisa mendaftar di SpeedyAds.

ExoClick
ExoClick juga merupakan program PPC yang layak diikuti. Meskipun earning yang ditawarkan jauh lebih kecil dibanding Google Adsense, tapi jika traffik blog anda memadai, maka tidak ada salahnya memasang iklan ExoClick di blog anda.

Obeus
Obeus menawarkan program advertising yang juga mudah kita ikuti dan sangat fleksibel. Hanya saja bayarannya lumayan kecil. Pembayaran Obeus dilakukan melalui Egold dan Paypal. Mau mendaftar di Obeus?

Etology
Etology juga bisa dijadikan pilihan alternatif untuk program PPC. Harga per klik iklan Etology lumayan besar, jadi tidak ada salahnya bergabung dengan program satu ini. Daftarkan blog anda di Etology.

PPC Lokal Indonesia
Karena tidak memerlukan bahasa Inggris untuk mengetahui tentang broker-broker PPC lokal di Indonesia, maka saya hanya akan mencantumkan nama dan link dari program PPC lokal tersebut di bawah ini:
- KlikSaya.Com
- AdsenseCamp
- Indofad
- Kumpulblogger.com

Ada beberapa Program PPC yang sudah lama beroperasi tetapi ternyata terbukti tidak membayar publishernya. Berikut ini adalah beberapa PPC yang scam:
- ADster
- AdDistributor

SHOPPING NETWORKS

Program jaringan perbelanjaan (shopping networks) sebagian besar adalah program afiliasi yang menawarkan peluang untuk mengiklankan berbagai produk di blog Anda. Sebagian besar dari program-program ini membayarkan persentase penjualan yang dihasilkan dari situs Anda. Apa saja program Shopping Networks itu?

Amazon
Amazon mulanya dikenal sebagai tempat membeli buku secara online, tetapi kini kita dapat membeli apapun dari Amazon. Sebagai sebuah affiliate program, Amazon membayar persentase penjualan kepada publisher/blogger yang bergabung sebagai affiliasi mereka. Dengan bergabung dengan Amazon, anda dapat memasukkan teks link ke posting atau banner iklan untuk mempromosikan hampir segala hal di blog anda. Anda juga bisa membuat toko online sendiri sebagai cabang dari Amazon.

Chitika
Program PPC Chitika menawarkan iklan berdasarkan subjek posting di blog Anda atau di mana iklan tersebut dimunculkan (contextual ads). Banyak blogger Indonesia yang sukses dengan program Chitika ini. Iklan Chitika nampak sebagai berikut:

Mau bergabung dengan Chitika juga?

WidgetBucks
WidgetBucks sangat mirip dengan Chitika. Daftarkan blog anda bersama WidgetBucks program di sini.

Shopping.com
Shopping.com adalah program PPC yang membayar blogger berdasarkan jumlah klik yang dilakukan pengunjung blog anda yang menuju pada berbagai situs merchant di jaringan Shopping.com.

Overstock.com
Overstock.com membayar hingga 7% komisi pada penjualan yang dihasilkan melalui situs atau blog Anda. Mirip dengan Amazon, anda dapat mempromosikan barang yang dijual Overstock.com di berbagai situs blog yang anda punya.

Shopzilla
Shopzilla sama dengan Amazon dan Overstock. Daftar Shopzilla di sini.

Ebay
Ebay menawarkan dua cara untuk menghasilkan pendapatan. Pertama, anda memperoleh komisi jika seseorang mendaftar di Ebay melalui link di situs/blog Anda. Kedua, Anda mendapatkan 50% dari komisi Ebay bila seorang penawar berhasil membeli barang di Ebay yang diklik dari situs atau blog Anda. Anda dapat memasukkan teks dan iklan banner untuk mempromosikan produk yang dijual di Ebay ke dalam blog yang anda punya. Ebay membayar melalui cek ke alamat rumah anda.

Bagaimana tanggapan anda? Ternyata banyak cara mudah untuk menghasilkan uang dari blog, bukan? Saya tunggu komentar anda di bawah ini!

Sumber : http://astaqauliyah.com/2009/01/cara-mendapatkan-uang-dari-blog-make-money-blogging-mau-bagian-i/

23 comments:

  1. Mantep bro...
    tolong dijelasin lagi per detailnya
    Misalnya bagaimana biar diterima google adsense, ptc apa yg recomended, dll...

    tukeran link yuk...

    ReplyDelete
  2. Thamks bro,tlg saya di bantu coz masih pemula banget

    ReplyDelete
  3. makasih infonya, berguna banget buat pemula seperti saya

    ReplyDelete
  4. wah, enak tuh.... tolong dong jelasin lebih detil tentang ebay, makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  5. sip banget gan...
    dii copy boleee???
    :D
    perkenalkan nih blog gue baru lahir kemarin lusa...
    www.vian-s.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. assalamualaikum gimana cara mendapatkan guru husus biar jelas,maklum baru kenal internet tapi langsung pingin pulus

    ReplyDelete
  7. CARI UANG MEMANG SULIT TAPI MUDAHAN ADA YANG MAU TOLONGIN BIAR SAMA DAPAT UANG

    ReplyDelete
  8. saya udah coba affiliate amazon bos....tapi belum maximal
    mohon bantuannya ya bosss

    ReplyDelete
  9. wah, keren ni.. jadi pengen nyoba,, hehe

    salam kenal ya mas,,

    ReplyDelete
  10. ada resiko g atau rugi dalam berbisnis dalam blog ini !!

    ReplyDelete
  11. gimana buat yang masih newbie seperti saya, mohon arahannya Terimakasih..
    http://aspirasiganjar.blogspot.com

    ReplyDelete
  12. bang gimana cara pasangnya cliksor?
    uda daftar tapi blm donk,

    ReplyDelete
  13. Keren tuh. . . .
    tapi adsense saya pake email yahoo kok gagal yah???
    solusi dunk. . . .

    ReplyDelete
  14. Mantap bgt Da thread nya nie..
    Tpi klo boleh saya mnta bimbingannya dong mas??
    Supaya Lebih Paham... @_@

    ReplyDelete
  15. mantab gan, saya juga sudah jutaan uang yang saya terima dari blog. selain dari PPC juga dari iklan resmi. terakhir saya bayaran di GA $145 dan Chitika $97

    ReplyDelete
  16. tq infony bro....
    msih da yg lain ny bro...

    ReplyDelete
  17. kalau ane lebih suka ikutan affiliasi. ane ikutan affiliasi di jaya herbal. link affiliasi ane cuman ane sebarin di facebook. gampang euy, sekarang ane udah punya puluhan refferal dan beberapanya sudah membuat penghasilan buat ane. mantap

    http://agen.jaya-herbal.com/?id=kyoaja

    andai aja blog ane trafic nya tinggi, pasti refferal ane udah banyak dan penghasilan pasif ane juga jauh lebih banyak

    ReplyDelete
  18. FREE DOWNLOAD SEDUCE ME AND OTHER SEX GAMES ADULT 18+ FOR PC FULL VERSION LATEST VERSION COMPRESSED 18+ DOWNLOAD FROM HERE-->>>> www.copyrightgames.blogspot.com

    ReplyDelete
  19. Discover how 1,000's of people like YOU are making a LIVING from home and are fulfilling their dreams TODAY.

    Get daily ideas and methods for making $1,000s per day FROM HOME for FREE.

    JOIN TODAY

    ReplyDelete
  20. Are you trying to make money from your websites with popunder advertisments?
    If so, have you tried using PopCash?

    ReplyDelete
  21. Artikelnya sangat membantu,..makasi sudah berbagi..

    Raih Kesempatan Meraih Kemenangan BESAR HARI INI DI POKER ONLINE

    Seperti Salah satu Member Setia POKER ONLINE Bos BAGIO RASA yang telah menang besar Rp 50.550.014.-

    di Permainan P0ker 0nline

    ayoo segera daftar dan raih kemenangan besar bos ku di Situs agen resmi poker online

    jangan tunggu lagi bos ku

    segera raih kemenangan bos ku di poker online.

    Daftar Disini Bosku Jadinago.com

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...