Sunday, January 2, 2011

Mengenal Malware, Apa Itu Malware?


Salah satu hal yang paling mengesalkan sebagian dari pengguna komputer adalah virus, selain urusan membersihkan file komputer anda agar PC anda tidak lelet. Hal yang paling sering kita lakukan untuk mengatasi virus ini adalah menginstall software antivirus, lalu kemudian kita akan selalu melakukan update software antivirus ini secara berkala baik secara manual maupun otomatis (tentu saja dalam keadaan PC anda terkoneksi dengan internet). Dalam berurusan dengan salah satu penyakit komputer ini kita biasanya akan menemukan istilah virus, worm, malware, spyware, dan lain-lain. Istilah-istilah ini saya yakin cukup membingungkan sebagian besar pengguna PC. Kita selalu memberi label virus untuk setiap program yang merusak dan menganggu sistem pada PC kita. Oke, langsung saja kita berkenalan dengan mereka.

Malware. Malware ini sebenarnya memiliki nama lengkap malicious software. Malware adalah istilah umum yang digunakan untuk software atau program yang dirancang bertujuan menyusup atau merusak sebuah sistem komputer secara diam-diam. Sekali lagi, istilah malware ini tidak begitu akrab di telinga sebagian pengguna internet. Dalam bahasa kita sehari-hari kita lebih sering menyebut virus meskipun sebenarnya kurang tepat, media massa bahkan sangat sering menggunakan istilah ini. Sebuah software disebut sebagai malware lebih karena faktor tujuan pembuatannya, daripada fitur-fitur khusus yang dimilikinya. Malware mencakup virus, worm, trojan horse, sebagian besar rootkit, spyware, adware yang tidak jujur, serta software-software lain yang berbahaya dan tidak diinginkan oleh pengguna PC.
Berdasarkan sifat dan tujuannya malware dikategorikan ke dalam tiga kelompok.
  • Kelompok pertama adalah malware yang menginfeksi komputer, yakni virus dan worm.
  • Kelompok kedua adalah malware yang bersembunyi (bergerilya) di dalam komputer, antara lain trojan horse, rootkit, dan backdoor.
  • Kelompok ketiga adalah malware yang mencari dan mencuri keuntungan, yaitu spyware, adware yang tidak jujur, botnet, keystroke logger dan dialer.
Tenang saja untuk mengatasi malware memang agak rumit, tapi sebelumnya saya sudah posting cara pencegahanya bagi yang ingin tahu bisa melihatnya disini :
  1. Pencegahan Agar Komputer terhindah dari Malware Bagian 1 
  2. Pencegahan Agar Komputer terhindah dari Malware Bagian 2

5 comments:

  1. FREE DOWNLOAD SEDUCE ME AND OTHER SEX GAMES ADULT 18+ FOR PC FULL VERSION LATEST VERSION COMPRESSED 18+ DOWNLOAD FROM HERE-->>>> www.gamesearning.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. FREE DOWNLOAD SEDUCE ME AND OTHER SEX GAMES ADULT 18+ FOR PC FULL VERSION LATEST VERSION COMPRESSED 18+ DOWNLOAD FROM HERE-->>>> www.raishahnawaz.com

    ReplyDelete
  3. Izin share gan blog masih anyar

    ReplyDelete
  4. Mksh gan, berguna banget buat bahan kuliah

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...