Thursday, December 30, 2010

Pencegahan Agar Komputer Terhindar dari Malware (Part 1)


Mungkin kita tidak menyadari atau sering mengatakan bahwa “wah computer ini kena virus”. Eits, tunggu dulu. Kita belum mempunyai dasar dalam menyebutkan kalimat tersebut. Padahal pada gambar jelas bahwa virus termasuk dalam malware. Ada 6 macam malware untuk saat ini. Mereka semuanya adalah virus, browser hijacker, spyware, adware, worms, dan trojans, yang kesemuanya mempunyai fungsi yang sama. Benar.

Semuanya mempunyai fungsi untuk menganggu kinerja Sistem Operasi. Lantas secara khusus, apakah arti dari malware? Malware berasal dari gabungan kata malicious dan software yang berarti perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer, peladen atau jejaring komputer tanpa izin resmi (informed consent) atau tidak usah pakai notifications dari pemilik.

Pada artikel kali ini akan dibahas ulasan tentang Spyware saja. Berikut cara pencegahannya. Seperti yang kita ketahui dalam pepatah “mencegah lebih baik dalam mengobati”. Demikian juga pepatah ini berlaku bagi computer.

Sebelum melanjutkan pada pengulasan, mungkin Anda bertanya-tanya “darimanakah asal dari spyware ini?”. Spyware berasal dari kegiatan browser di internet. Program ini akan secara otomatis berjalan di computer Anda ketika memasuki situs tertentu. Dampak dari adanya spyware di computer Anda adalah computer akan berjalan lambat atau dalam bahasa gaulnya “lemot” ketika proses startup. Lantas apakah bahaya dari spyware hanya itu saja? Tidak masih banyak ulah lain yang dilakukan program spyware terhadap system operasi Anda. Diantaranya sebagai berikut:

  • Mengirimkan informasi pribadi ke hacker untuk mencuri identitas, juga sebagai marketer online yang akan mengirimkan iklan pop-up ke pada Anda
  • Mengganti Homepage Default atau Search Engine standart Anda dan jejak kebiasaan surfing Anda dengan yang lain (biasanya dengan situs pembuat spyware atau situs darimana spyware itu berasal
  • Yang paling bahaya adalah menginstal keystroke logging. Suatu program yang membolehkan untuk melihat link web yang Anda ketik. Termasuk password dan nomor kartu kredit Anda
  • Menurunkan performa computer Anda. Jadi salah apabila mengatakan computer yang lemot itu karena virus. Itu semua disebabkan ulah dari spyware. Namun, biasanya virus juga akan menurunkan performa computer Anda (akan dibahas pada bagian artikel selanjutnya)
  • Spyware bisa berkembang biak dengan cara genotif (atau dalam bahasa biologinya tanpa melakukan sex). Jadi bisa memperbanyak diri secara cepat tanpa bantuan pasangan. Semakin banyak spyware yang ada di computer, semakin lemot performa computer Anda

Lantas, apakah yang harus kita lakukan agar komputer kita terhindar dari spyware. Apakah kita tidak boleh ngenet? Tidak. Bukan begitu cara mengatasi infeksi spyware di computer Anda. Berikut tips-tips agar computer Anda sehat terhadap program spyware:

  • Masuklah situs-situs yang dapt dipercaya. Seperti situs Microsoft, facebook, dan lain-lain. Jangan masuk situs-situs yang kurang dipercaya. Karena situs seperti itu bisa saja mengandung kuman spyware
  • Jangan menggunakan File-Sharing Software. Yaitu program yang digunakan untuk sharing file MP3 secara illegal atau film bajakan. Sering, spyware akan terinstal ketika Anda menginstal software ini.
  • Jangan menggunakan software bajakan. Sering dalam software bajakan mengandung spyware.
  • Gunakan program removal spyware yang terpercaya. Jangan gunakan spyware removal gadungan yang justru kegunaannya adalah memupuk spyware di computer Anda. (akan diulas program-program terpercaya tersebut dalam halaman software )
  • Jangan membuka e-mail sembarangan dari orang yang tak dikenal. Apalagi dalam format .exe, .scr, .vbs atau program dengan format ganda seperti .txt .vbs

Semua itu merupakan ulasan tentang malware type spyware. Masih ada lagi artikel-artikel yang berhubungan dengan bagian ini. Seperti judulnya saja adalah part 1 yang artinya artikel ini masih memiliki sambungan. Jadi, kalau ingin mengetahui kelanjutan selanjutnya, segera simpan alamat blog ini.

Nah, bagi teman-teman yang belum paham atau menemukan kesulitan, silahkan comment atau kirim pertanyaan via e-mail beritakomputer99@gmail.com. Pasti dibalas kok. . Sampai Jumpa. . Semoga berguna. .

1 comment:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...